Selasa, 18 Juli 2017

MODEL PEMBELAJARAN DALAM KURIKULUM 2013

Kurikulum 2013 menggunakan 3 (tiga) model pembelajaran utama (Permendikbud No. 103 Tahun 2014) yang diharapkan dapat membentuk perilaku saintifik, perilaku sosial serta mengembangkan rasa keingintahuan.
Ketiga model tersebut adalah:
1.    Pembelajaran Melalui Penyingkapan Penemuan (Discovery /Inquiry Learning)
2.    Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning)
3.    Pembelajaran Berbasis Projek (Project Based Learning)

Disamping 3 model pembelajaran di atas dapat juga dikembangkan model pembelajaran  sesuai dengan karakteristik pendidikan menengah kejuruan yaitu:

4.    Pembelajaran Berbasis Produksi (Production Based Education) (PBE)
Tidak semua model pembelajaran tepat digunakan untuk semua KD/materi pembelajaran. Model pembelajaran tertentu hanya tepat digunakan untuk materi pembelajaran tertentu. Sebaliknya materi pembelajaran tertentu akan dapat berhasil maksimal jika menggunakan model pembelajaran tertentu. Oleh karenanya guru harus menganalisis rumusan pernyataan setiap KD, apakah cenderung pada pembelajaran penyingkapan (Discovery/Inquiry Learning) atau pada pembelajaran hasil karya (Problem Based Learning dan Project Based Learning).

•    Rambu-rambu penentuan model penyingkapan/penemuan:
a.    Pernyataan KD-3 dan KD-4 mengarah ke pencarian atau penemuan;
b.    Pernyataan KD-3 lebih menitikberatkan pada pemahaman pengetahuan faktual, konseptual, procedural, dan dimungkinkan sampai metakognitif;
c.    Pernyataan KD-4 pada taksonomi mengolah dan menalar

•    Rambu-rambu penemuan model hasil karya (Problem Based Learning dan Project Based Learning):
a.    Pernyataan KD-3 dan KD-4 mengarah pada hasil karya berbentuk jasa atau produk;
b.    Pernyataan KD-3 pada bentuk pengetahuan metakognitif;
c.    Pernyataan KD-4 pada taksonomi menyaji dan mencipta, dan
d.    Pernyataan KD-3 dan KD-4 yang memerlukan persyaratan penguasaan pengetahuan konseptual dan prosedural.

Masing-masing model pembelajaran tersebut memiliki urutan langkah kerja (syntax)tersendiri, yang dapat diuraikan sebagai berikut.


1.    Model Pembelajaran Penyingkapan (penemuan dan pencarian/penelitian) (Discovery Learning)(DL)
•    Siswa harus menemukan ide (atau)
•    Siswa dapat menemukan makna
Model pembelajaran penyingkapan (Discovery Learning) adalah memahami konsep, arti, dan hubungan, melalui proses intuitif untuk akhirnya sampai kepada suatu kesimpulan (Budiningsih, 2005:43). Discovery terjadi bila individu terlibat, terutama dalam penggunaan proses mentalnya untuk menemukan beberapa konsep dan prinsip.
Discovery dilakukan melalui observasi, klasifikasi, pengukuran, prediksi, penentuan dan inferi. Proses tersebut disebut cognitive process, sedangkan discovery itu sendiri adalah the mental process of assimilatingconcepts and principles in the mind (Robert B. Sund dalam Malik, 2001:219).

a.    Sintak model Discovery Learning
1)   Pemberian rangsangan (Stimulation);
2)   Pernyataan/Identifikasi masalah (Problem Statement);
3)   Pengumpulan data (Data Collection);
4)   Pembuktian (Verification), dan
5)   Menarik simpulan/generalisasi (Generalization).

b.    Sintak model Inquiry Learning Terbimbing
Model pembelajaran yang dirancang membawa peserta didik dalam proses penelitian melalui penyelidikan dan penjelasan dalam setting waktu yang singkat (Joice&Wells, 2003).
Model pembelajaran Inkuiri merupakan kegiatan pembelajaran yang melibatkan secara maksimal seluruh kemampuan siswa untuk mencari dan menyelidiki sesuatu secara sistematis kritis dan logis sehingga mereka dapat merumuskan sendiri temuannya.
Sintak/tahap model inkuiri meliputi:
1)   Orientasi masalah;
2)   Pengumpulan data dan verifikasi;
3)   Pengumpulan data melalui eksperimen;
4)   Pengorganisasian dan formulasi eksplanasi, dan
5)   Analisis proses inkuiri.


2.    Model Pembelajaran (Problem Based Learning) (PBL)
•    Siswa aktif memecahkan masalah kontekstual

Merupakan pembelajaran yang menggunakan berbagai kemampuan berpikir dari peserta didik secara individu maupun kelompok serta lingkungan nyata untuk mengatasi permasalahan sehingga bermakna, relevan, dan kontekstual (Tan OnnSeng, 2000).
Tujuan PBL adalah untuk meningkatkan kemampuan dalam menerapkan konsep-konsep pada permasalahan baru/nyata, pengintegrasian konsep High Order Thinking Skills (HOT’s), keinginan dalam belajar, mengarahkan belajar diri sendiri dan keterampilan (Norman and Schmidt).

a.    Sintak model Problem Based Learning dari Bransford and Stein (dalam Jamie Kirkley, 2003:3) terdiri atas:
1)    Mengidentifikasi masalah;
2)    Menetapkan masalah melalui berpikir tentang masalah dan menyeleksi informasi-informasi yang relevan;
3)    Mengembangkan solusi melalui pengidentifikasian alternatif-alternatif, tukar-pikiran dan mengecek perbedaan pandang;
4)    Melakukan tindakan strategis, dan
5)    Melihat ulang dan mengevaluasi pengaruh-pengaruh dari solusi yang dilakukan.
b.    Sintak model Problem Solving Learning Jenis Trouble Shooting (David H. Jonassen, 2011:93) terdiri atas:
1)    Merumuskan uraian masalah;
2)    Mengembangkan kemungkinan penyebab;
3)    Mengetes penyebab atau proses diagnosis, dan
4)    Mengevaluasi.

3.    Model pembelajaran Project Based Learning (PjBL)
•    Siswa aktif membuat suatau projek
•    Membutuhkan waktu yang relatif lama


Model pembelajaran PJBL merupakan pembelajaran dengan menggunakan proyek nyata dalam kehidupan yang didasarkan pada motivasi tinggi, pertanyaan menantang, tugas-tugas atau permasalahan untuk membentuk penguasaan kompetensi yang dilakukan secara kerjasama dalam upaya memecahkan masalah (Barel, 2000 and Baron 2011).
Tujuan Project Based Learning  adalah meningkatkan motivasi belajar, team work, keterampilan kolaborasi dalam pencapaian kemampuan akademik level tinggi/taksonomi tingkat kreativitas yang dibutuhkan pada abad 21 (Cole & Wasburn Moses, 2010).

a.    Sintak/tahapan model pembelajaran Project Based Learning, meliputi:
1)    Penentuan pertanyaan mendasar (Start with the Essential Question);
2)    Mendesain perencanaan proyek;
3)    Menyusun jadwal (Create a Schedule);
4)    Memonitor peserta didik dan kemajuan proyek (Monitor the Students and the Progress of the Project);
5)    Menguji hasil (Assess the Outcome), dan
6)    Mengevaluasi pengalaman (Evaluate the Experience).

4.    Model Pembelajaran Production Based Training (PBT)
Khusus di SMK, model pembelajaran Production Based Trainig  dapat digunakan untuk mendukung pengembangan Teaching Factory pada mata pelajaran pengembangan produk kreatif. Model Pembelajaran Production Based Training merupakan proses pendidikan dan pelatihan yang menyatu pada proses produksi, dimana peserta didik diberikan pengalaman belajar pada situasi yang kontekstual mengikuti aliran kerja industri mulai dari perencanaan berdasarkan pesanan, pelaksanaan dan evaluasi produk/kendali mutu produk, hingga langkah pelayanan pasca produksi.Tujuan penggunaan model pembelajaranPBT adalah untuk menyiapkan peserta didik agar memiliki kompetensi kerja yang berkaitan dengan kompetensi teknis serta kemampuan kerjasama sesuai tuntutan organisasi kerja.

a.    Sintaks/tahapan model pembelajaran Production Based Trainning meliputi:
1)    Merencanakan produk;
2)    Melaksanakan proses produksi;
3)    Mengevaluasi produk (melakukan kendali mutu), dan
4)    Mengembangkan rencana pemasaran.
(G. Y. Jenkins, Hospitality 2005).

0 komentar:

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html

Posting Komentar