Belajar dengan cara berdiskusi kelompok semakin banyak dilakukan di sekolah - sekolah. Dengan cara diskusi banyak manfaat yang seharusnya diperoleh oleh siswa. Pada diskusi, siswa dapat belajar bagaimana membagi tugas sesuai kemapuan diri siswa masing masing, dan belajar untuk kerja tim.
Rizki Ade salah satu siswa SMK Negeri 2 Pati berpendapat bahwa kelebihan dari kerja kelompok salah satunya siswa bisa sharing, misal ada yang kurang bisa menguasai, dalam kerja kelompok, bisa belajar dari yang sudah bisa namun kelamahannya kadang ada siswa yang pasrah begitu saja kepada temannya dan bersikap pasif.
Arya Sudarmajid juga berpendapat dalam kerja atau belajar kelompok, posititifnya adalah ketika setiap anak punyak pendapat masing - masing, kita belajar untuk menyatukan pendapat tersebut sedangkan kelemahannya adalah kadang harus merelakan pendapat atau ide yang tidak disetujui oleh kelompok tapi akhirnya kita terpaksa harus iklas.
Dalam belajar kelompok diharapkan dapat lebih efektif karena lebih menarik dan disukai siswa.
Rizki Ade salah satu siswa SMK Negeri 2 Pati berpendapat bahwa kelebihan dari kerja kelompok salah satunya siswa bisa sharing, misal ada yang kurang bisa menguasai, dalam kerja kelompok, bisa belajar dari yang sudah bisa namun kelamahannya kadang ada siswa yang pasrah begitu saja kepada temannya dan bersikap pasif.
Arya Sudarmajid juga berpendapat dalam kerja atau belajar kelompok, posititifnya adalah ketika setiap anak punyak pendapat masing - masing, kita belajar untuk menyatukan pendapat tersebut sedangkan kelemahannya adalah kadang harus merelakan pendapat atau ide yang tidak disetujui oleh kelompok tapi akhirnya kita terpaksa harus iklas.
Dalam belajar kelompok diharapkan dapat lebih efektif karena lebih menarik dan disukai siswa.
0 komentar:
Posting Komentar